9 Kegagalan dalam Tes CPNS yang Akhirnya Membuatku Lulus pada Percobaan Kesepuluh Test CPNS

Aku adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua anak laki-laki. Kalau teman-teman pernah menonton film the pursuit of happiness, aku punya satu quotes menarik di film tersebut yang menjadi pedoman hidupku. “You Got a Dream, You Gotta Protect it. People Cant Do Something Themselves, They Wanna Tell You Cant Do it. If You Want Something, Go Get it. Period.” Intinya pada kalimat tersebut adalah kalau kamu punya mimpi, kamu harus kejar mimpimu. Mimpiku adalah aku ingin menjadi seorang PNS atau ASN. Bukan hanya mimpiku, tapi menjadi PNS itu juga menjadi harapan kedua orang tuaku.

Aku sudah 9 (sembilan) kali mengikuti tes CPNS. Yaa sembilan kali !!!!!. Dan beruntungnya aku, dari 9 kali mencoba, 9 kali juga aku gagal. Memang kata beberapa orang tes CPNS itu mudah karena materi yang diujiankan cuma sedikit. Tapi ya tetap aja, saingannya khan banyak. Yahh aku tidak lulus dalam tes CPNS karena nilaiku tidak cukup tinggi untuk masuk ke dalam jumlah kuota yang dibutuhkan dan masih banyak pejuang tes CPNS yang nilainya lebih tinggi dari aku. Dari sembilan kali tersebut, berbagai instansi telah aku coba, Pemprov Jateng, Pemprov Kalbar, Kementerian Keuangan, Pemda DIY, BPK, BPKP Kemendikbud, dan Kemenkumham. 

Setiap kegagalan pastinya melahirkan rasa sakit dan rasa penyesalan yang luar biasa. “Ahh coba aja aku belajar lebih serius, mungkin hasilnya akan lebih baik.”. “Ahh coba aja aku lebih tenang dalam mengerjakan soalnya, mungkin jumlah soal yang benar akan lebih banyak"."Ahh coba aja aku punya waktu yang lebih banyak buat belajar". Bayangin aja mengalami kegagalan sebanyak sembilan kali itu bagaimana rasanya. Sakit banget rasanya, setiap menginginkan untuk lulus pada tes CPNS yang diikuti, saya tidak lulus.

Di setiap kegagalan, sering kali terbesit ahh ini merupakan saat terakhir aku nyoba tes CPNS deh. Kemudian Ayah saya menasihati saya bahwa ibarat amplop ada tiga buah kalau kamu tidak berani membuka amplop tersebut, kamu tidak akan tau isinya apa. Kalau kamu baru buka satu amplop dan masih tidak mendapat yang kamu inginkan minimal kamu masih ada dua kesempatan lagi. Kamu harus buka terus amplopnya, sampai kamu dapat yang kamu inginkan. Sama seperti cita-cita, kalau berhasil ya coba terus sampai bisa. Janji Allah itu nyata !. Tidak ada yg dapat merubah nasibmu selain dirimu sendiri. Perkataan ayah saya itulah yang terus membuat saya semangat untuk terus mencoba tes CPNS.

Tibalah saatnya pada tahun 2019, saya mencoba yang kesepuluh kalinya. Saya mendaftar di Mahkamah Agung. Pada saat itu saya habis-habisan belajarnya. Dalam hati saya, di percobaan kesepuluh ini saya harus lulus. Ketika ujian berlangsung pun, saya mencoba untuk tenang dan berserah kepada Allah sepenuhnya. Dan saya akhirnya lulus. Rasa bangga dan senangnya sungguh luar biasa. Perjuangan saya akhirnya terbayarkan !!!!. Tidak terbayangkan bagaimana ketika saat itu saya menyerah. Tidak terbayang bagaimana ketika saat itu saya kalah oleh rasa kecewa dan takut. Akhirnya saya berhasil, saya berhasil mengalahkan diri saya !. Setelah saya pikir-pikir, ternyata tidak sia-sia saya gagal 9 kali. Kegagalan itulah yang membuat saya banyak belajar sehingga dapat lulus pada percobaan yang kesepuluh. Kalau saya dapat lulus tes CPNS, pejuang tes CPNS lainnya juga pasti bisa. Kuncinya adalah berjuang, berjuang, dan berjuang !.


Yuk ikuti Bimbel Persiapan Tes CPNS Tatap Muka dan Online bersama Masuk Kelas. Kita belajar bareng agar kamu dapat lulus pada Tes CPNS. Info selengkapnya wa ke 0896-900-15102 atau Klik link ini